Mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung mengikuti workshop bertajuk “E-commerce Personal Brand & Social Media” pada 15 September 2023 di DRB HICOM UNIVERSITY Malaysia, yang dipandu oleh Raja Siti Nurhidayah dan Madam Ellyziana Abu Bakar. Workshop ini merupakan bagian dari upaya untuk memperluas wawasan mahasiswa dalam dunia e-commerce yang terus berkembang.
Raja Siti Nurhidayah dan Madam Ellyziana Abu Bakar secara panel memulai workshop dengan menjelaskan tiga langkah mudah dalam menjual di E-commerce, yaitu membangun e-niaga, memulai menghasilkan uang, dan membangun kepercayaan. E-commerce didefinisikan sebagai pembelian dan penjualan barang dan jasa, atau transmisi dana atau data, melalui jaringan elektronik, terutama Internet.
Dalam workshop ini, mahasiswa juga diajarkan tentang lima jenis E-commerce yang mencakup:
Setelah pemaparan materi, workshop dilanjutkan dengan presentasi dari 16 mahasiswa/i Prodi Akuntansi Syariah UIN Raden Intan Lampung yang dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membuat kelebihan dan kekurangan dari E-commerce dengan menggunakan media karton/HVS dan spidol.
Selanjutnya, pemimpin masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk memilih produk di depan. Workshop ini juga melibatkan praktik membuat video live TikTok terkait produk yang telah dipilih oleh mahasiswa. Ini memberikan pengalaman praktis dalam mempromosikan produk secara online.
Selanjutnya, workshop fokus pada pembahasan tiga kerangka kerja dalam membangun merek pribadi, yaitu Identitas, Platform, dan Konsistensi. Setiap kelompok tugas diberi waktu untuk membuat merek, logo, kepribadian merek, dan jadwal konten yang akan diposting. Hasil dari tugas ini kemudian dipresentasikan untuk mendapatkan umpan balik.
Workshop “E-commerce Personal Brand & Social Media” ini memberikan wawasan praktis tentang bagaimana membangun dan mempromosikan bisnis online dengan cara yang efektif. Hal ini sesuai dengan perubahan tren bisnis yang semakin mengarah ke platform digital dan memberikan mahasiswa bekal berharga dalam menghadapi tantangan dalam dunia E-commerce yang kompetitif.